Saturday, April 6, 2019

Rujak Asam Pedas Sonneratia Sp


Dokumentasi Pribadi: Buah Perepat. Buah ini punya banyak nama tergantung daerahnya. 

Apa kamu sudah pernah membuat sirup dari buah perepat? Buah bernama latin Sonneratia Sp ini adalah buah khas hutan mangrove. Blog ini pernah mempostingan tulisan tentang cara pembuatan sirup mangrove sebelumnya: Sonneratia Sp dan Olahan Sirupnya. Butuh cukup banyak buah prepat untuk membuat sirup tersebut. Tapi, jika kamu tidak mempunyai cukup banyak buah perepat untuk membuat sirup, tidak masalah. Ada cara lain mengolahnya.
Perepat adalah buah hutan mangrove favoritku. Kamu tahu kenapa? Saat kecil, ketika kami mendapatkan buah ini, kami terbiasa membuatnya sebagai bahan dasar rujak. Cara pembuatannya amat mudah. Cari buah yang sudah agak masak, cuci bersih dan kupas. Lalu, perepat ditumpuk dan dicampurkan dengan bumbu dasar seperti kecap, cabai, gula dan garam. Untuk jumlahnya, kamu bisa menyesuikan dengan seleramu. Jika kamu suka pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai.

Rasa rujaknya tetap asam. Tapi dengan campuran bahan tersebut, rujak perepat enak dimakan. Oya, jika kamu bermain di hutan, sebenarnya buah ini adalah makanan para monyet yang tinggal di hutan mangrove. Tapi, tenang saja, buah ini juga aman dimakan manusia. 

Dokumentasi Pribai: Rujak buah prepat.



No comments:

Post a Comment