Wednesday, April 3, 2019

Sonneratia Sp dan Olahan Sirupnya

Hutan mangrove mempunyai ekosistem yang menakjubkan. Ada banyak jenis pohon mangrove yang sering tumbuh di Indonesia dan beberapa dari jenis mangrove itu bisa diolah menjadi bahan makanan seperti mangrove api, perepat, jeruju, nipah dan lainnya. Salah satu yang paling terkenal adalah pohon bernama latin Sonneratia Sp. Ada beberapa jenis sonneratia tapi umumnya buah ini dikenal dengan nama bogem, paropa, bidara, pidada, bedobo dan perepat juga di beberapa daerah. Apa namanya di daerahmu? Untuk daerahku, ada dua jenis Sonneratia Sp yang tumbuh. Mereka dikenal dengan nama prepat perepat atau apel hutan dan berembang. Umumnya pohon ini mempunyai buah yang berbentuk bulat, berwarna hijau di bagian luar dan kalau dibelah, daging buahnya berwarna putih dan berbiji.

Dokumentasi Pribadi: Sonneratia Sp saat sedang berbunga.

Buah perepat dan berembang tersebut bisa diolah menjadi dodol, sirup, selai dan banyak kreasi lain. Rasa dasarnya memang asam tapi jika kira menambahkan gula dengan takaran yang pas, rasanya akan menjadi lebih manis dan segar. Begini cara membuatnya:

1. Pertama siapkan perepat yang telah matang. Cuci buah terseperepat tersebut dan kupas untuk diambil daging buahnya saja.
2. Hancurkan daging buah dengan cara diremas, tambahkan sebanyak dua liter, remas lagi. Setelah menjadi bubur, saring untuk diambil sarinya. Buah Berembang Buah Perepat Jika mengggunakan blender maka masukkan daging buah perepat dan tambahkan air. Nyalakan blender beberapa menit hingga daging buah lumat. Setelahnya saring untuk diambil sarinya.

Dokumentasi Pribadi: Proses Pembuataan Sirup Mangrove


3. Rebus air sari tersebut sampai mendidih. Setelah mendidih, ambil sarinya yang mengambang di bagian atas ari rebusan untuk dijadikan selai mangrove.
4. Tambahkan gula putih dan aduk sampai gula larut. Setelah agak mengental, boleh ditambahkan pewarna makanan yang aman bagi manusia sesuai selera. Lalu biarkan rebusan lagi hingga airnya mengental.
5. Matikan api, dinginkan dan diamkan selala satu jam sebelum disimpan dalam botol sirup.




Dokumentasi Pribadi: Sirup mangrove.






No comments:

Post a Comment