Friday, April 12, 2019

Mangrove Api-api yang Tidak Menghasilkan Api

Apakah mangrove api-api menghasilkan api? Aku sering mendengar pertanyaan itu ketika menceritakan tentang pohon ini. Jawabannya tidak. Mangrove ini tidak mengahasilkan api tapi batangnya cukup sering dijadikan kayu rumah. Oh ya, mangrove ini terkenal dengan nama pohon kingkong di daerahku. Sejatinya, di daerahku, ada tiga jenis pohon mangrove api-api yang tumbuh. Satu bernama avicennia oficinalis, lalu avicennia lanata dan satunya lagi bernama avicennia alba. Ketiganya pohonnya berbeda.

Dokumentasi Pribadi: Mangove Api-Api





Kingkong hitam (avicennia lanata) mempunyai batang dan daun berwarna hijau gelap. Buahnya berwarna kecoklatan. Tapi, karena batangnya yang lurus dan kuat, pohon ini sering diambil batangnya untuk digunakan sebagai tiang rumah.Jenis pohon kingkong lain adalah yang buahnya berwarna hijau (avicennia alba). Pohon ini bisa menjulang tinggi ke atas. Daunnya rimbun dan berwarna hijau terang. Batangnya besar. Tapi, berbeda dengan kingkong yang buahnya berwarna coklat, pohon yang ini batangnya cenderung kopong ditengah dan dahannya jarang ditemukan yang panjang dan lurus. Sehingga jarang menggunakannya sebagai bahan bangunan. Meskipun begitu, bagiku pohon ini memiliki keunikan.

Jika teman-teman menemukan buah pohon ini, silahkan buka lapisan terluar yang berfungsi sebagai pembungkus buah pohon tersebut. Ada dua hingga tiga buah lapisan daging buah lagi tapi di tengah lapisan itu, ada pucuk kecil berwarna putih gading dan berbulu. Kami suka mengambil pucuk kecil itu lalu melemparnya ke baju seseorang. Hebatnya, pucuk berbulu itu selalu menempel di baju jenis apapun. Jenis ketiga adalah kingkong putih (avicennia oficinalis). Bentuknya seperti kombinasi antara pohon kingkong hitam dan pohon kingkong hijau. Pohonnya cenderung pendek tapi memiliki daun yang berwarna terang. Sedangkan buah kingkongnya seperti kingkong hitam dan lapisan isinya mirip kingkong hijau. Unik, kan? Daun pohon ini juga cenderung bergelombang.

Pohon mangrove api-api juga bisa diolah menjadi banyak jenis makanan lho. Akan tetapi, buah api-api membutuhkan proses khusus sebelum bisa diolah menjadi bahan makanan. Pertama, kupas kulit buah api-api dan ambil bagian dalamnya saja. Belah buah menjadi 4 bagian. Buang putih putihnya ya (bisa untuk main, yay!. Lalu rebus dengan air mendidih sampai lunak. Dan taburi dengan abu gosok secukupnya sambil diaduk hingga rata. Lalu angkat dan cuci hingga warnanya berubah kehijauan. Sudah bisa diolah? Belum. Bahan tersebut masih harus direndam dalam ember besar selama dua hari. Kamu juga harus mengganti airnya setiap enam jam untuk membuang racunnya. Baru setelah itu apiapi bisa diolah menjadi bahan makanan.

Apa saja makanan yang bisa diolah dari buah api api? Banyak. Tapi proses pertama adalah mengubah api-api menjadi tepung. Lalu, tepung tersebut bisa menjadi bahan dasar pembuatan cemilan seperti keripik atau stik mangrove api-api.

Dokumentasi Pribadi: Peyek dari buah Mangrove Api-Api

 

No comments:

Post a Comment