Tuesday, April 23, 2019

Jeruju, Si Daun Berduri

Kamu sudah mengenal hutan mangrove, kan? Kamu sudah membaca tentang Mangrove Api-Api dan Perepat, ayo, berkenalan dengan jeruju. Di daerahku, kami mempunyai nama khusus untuk menyebut mangrove jenis ini. Kami lebih suka menyebut jeruju sebagai mangrove duri bunga ungu. Daunnya berduri tapi pohon ini mempunyai bunga cantik berwarna ungu dan buah berwarna hijau yang sebesar ruas jari.

Dokumentasi Pribadi: Jeruju

Di kampungku, buah pohon jeruju terkenal sebagai obat bisul. Caranya, kupas buah jeruju tersebut, akan ada beberapa biji kecil di dalamnya lalu tumbuk biji tersebut hingga halus dan tempelkan di daerah bisul. Semoga sembuh! Untukku sendiri, aku lebih suka mengambil daunnya untuk membuat balon gelembung hembusan. Tumbuk daun jeruju hingga halus dan mengeluarkan lendir. Kemudian campur hasil tumbukan tersebut dengan air dan aduk. Siapkan pipet atau lidi yang dipilin untuk alatnya bermain. Selamat bersenang-senang!

Kalau kamu lapar, jeruju juga bisa diolah menjadi kerupuk jeruju juga lho! Bahan yang dibutuhkan akan tergantung pada seberapa banyak yang ingin kamu buat. Biasa ibu membuat porsi kecil kerupuk jeruju dengan bahan sebagai berikut: 

1. 100 gr daun muda jeruju dibuang durinya. 

2. 300 gr tepung tapioka. 

3. Rempah. (Rempah ini bisa saja tergantung selera. Hanya biasanya masukkan bawang putih, ke ketumbar dan garam secukupnya. Atau, jika kamu ingin kerupuknya memiliki rasa, bisa ditambahkan dengan udang kecepe kering atau ebi). 

4. Air Sekucupnya. 

Sudah menyiapkan semua bahannya? Cara pembuatannya juga tidak sulit. Cuci bersih dan rebus daun jeruju. Angkat dan tiriskan. Lalu haluskan dengan semua bahan. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan lagi. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulat memanjang, kukus hingga matang. Biarkan adonan menjadi dingin selama satu malam. Esoknya, potong tipis adonan tersebut dan keringkan. Setelah kering, kerupuk baru bisa dikemas dan atau digoreng. Tanpa bahan pengawet sekalipun, Stik Jeruju makanan ini bisa bertahan sebulan lho. Eh, tidak juga sih di rumahku. Sebab setelah ibu selesai memasaknya, kami langsung makan dan menghabiskannya. Rasanya enak!

Dokumentasi Pribadi: Stik jeruju. Contoh lain olahan jeruju yang berasal dari hutan mangrove.













No comments:

Post a Comment